Virtual Account Adalah Rekening Yang Tidak Nyata, Ketahui Penjelasan Lengkapnya

Sesuai dengan namanya, virtual account adalah rekening buatan yang tidak nyata. Pada umumnya virtual account berisi nomor ID pelanggan yang langsung dibuat oleh Bank. Pihak Bank biasanya akan diminta untuk membuat akun yang bisa digunakan untuk mempermudah proses transaksi. Dalam setiap transaksi yang dilakukan, pelanggan akan memperoleh satu akun ID atau lebih dikenal dengan istilah nomor virtual account. Masing-masing pelanggan akan mendapatkan virtual account yang unik dan berbeda, biasanya hal ini akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika dibandingkan dengan transfer uang secara manual, transaksi menggunakan virtual account dinilai lebih praktis dan mudah. Diantara kedua sistem transaksi tersebut memiliki beberapa perbedaan salah satu pelanggan harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu setelah payment dilakukan dengan cara mengirimkan bukti transfer berupa struk. Sedangkan transaksi via virtual account, pelanggan tidak perlu repot-repot melakukan konfirmasi pembayaran. Untuk melakukan payment menggunakan virtual account, Anda hanya perlu membayar sesuai dengan nominal yang harus dibayarkan.

Virtual Account Adalah Pembayaran Yang Melalui Bank Apa Saja?

Bagi Anda yang tertarik melakukan transaksi lebih mudah dan praktis, virtual account adalah pilihan yang sangat tepat. Nah, di Indonesia sendiri terdapat beberapa pembayaran yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan virtual account melalui beberapa bank seperti :

  • Bank BCA

Untuk Bank BCA, Anda para pengguna bisa melakukan payment dengan cara transfer ATM, transfer KlikBCA, dan transfer BCA. Namun untuk virtual account BCA ini hanya bisa dibayar menggunakan rekening BCA nya saja.

  • Bank Mandiri

Dengan Bank Mandiri, Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan virtual account Bank Mandiri melalui transfer ATM, transfer iBanking, dan transfer melalui mBanking.

  • Bank BRI

Untuk Bank BRI, para nasabah saat ini bisa melakukan pembayaran melalui transfer ATM, transfer iBanking, dan transfer mBanking.

  • Bank BNI

Untuk mempermudah transaksi dan pembayaran pelanggannya, bank BNI menyediakan layanan virtual account. Melalui virtual account Bank BNI ini Anda bisa melakukan pembayaran melalui transfer ATM, transfer iBanking, transfer mBanking, dan transfer SMS banking.

  • Permata Bank

Bagi nasabah Permata Bank, saat ini Anda bisa melakukan pembayaran tagihan menggunakan virtual account. Dengan virtual account Permata Bank Anda dapat membayar transaksi melalui transger ATM Permata, transfer Internet Banking, dan transfer Mobile Banking.

  • Maybank

Maybank menyediakan virtual account yang bisa digunakan Anda untuk melakukan transaksi melalui transfer ATM BII Maybank, transfer Internet Banking dan transfer Mobile Banking.

Bagaimana Mekanisme Kerja Virtual Account?

Sebagai salah satu metode pembayaran yang saat ini mulai banyak digunakan masyarakat khususnya para nasabah bank-bank besar di Indonesia, virtual account adalah metode payment yang memiliki cara kerja cepat dengan teknologi canggih. Dan berikut ini mekanisme kerja virtual account.

  1. Merchant akan memberitahukan kepada pembeli untuk melakukan pembayaran atau payment ke nomor invoice atau nomor virtual account yang spesifik.
  2. Selanjutnya setiap nomor virtual account ini akan dihubungkan ke pembeli maupun ke dalam invoice.
  3. Ketika pembayaran sudah diterima dan transaksi selesai dilakukan, secara otomatis akan ada notifikasi balik yang dikirim ke merchant.
  4. Selanjutnya merchant bisa langsung mengidentifikasi pembeli dari invoice dimana proses payment tersebut terjadi.

Penting untuk diketahui bagi Anda yang ingin mencoba metode transaksi menggunakan virtual account bahwa virtual account adalah sistem payment yang memiliki tanggal kadaluarsa. Artinya setelah melewati tanggal kadaluarsa tersebut pembeli tidak bisa lagi melakukan pembayaran menggunakan akun virtual account tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *