Trend Berita Finansial, Finansial Technology, Keuangan dan perbankan terbaru

Kelebihan Dan Kekurangan Payment System Indonesia

Payment system Indonesia tentunya bukanlah hal yang asing lagi terdengar di telinga kita. Apalagi saat ini hampir semua proses pembayaran sudah dilakukan secara online menggunakan uang elektronik yang lebih dikenal dengan istilah e-payment. Kehadiran payment system banyak sekali membawa kemudahan bagi para penggunanya dalam melakukan transaksi, karenanya tidaklah heran jika sistem pembayaran secara online lebih banyak diminati jika dibandingkan dengan payment sistem tunai.

Transaksi yang dilakukan di era modern seperti sekarang tidak mengharuskan Anda melakukan tatap muka secara langsung, hanya dengan media di genggaman kini Anda sudah bisa melakukan transaksi dengan mudah.

Jenis-Jenis Payment System Indonesia

Berkembangnya teknologi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu tidak hanya berdampak pada kemajuan telekomunikasi saja, melainkan pada metode payment atau transaksi yang sudah berbasis server atau elektronik payment. Saat ini, di Indonesia sudah tersedia beragam jenis payment system yang bisa digunakan untuk melakukan payment atau pembayaran diantaranya :

  • Payment card
  • E-cash
  • E-wallet
  • Smart card

Selain keempat metode payment tersebut, ada satu lagi yang mungkin belum populer di Indonesia yaitu e-check. E-check merupakan bentuk cek elektronik yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran dan pencairan uang tunai melalui bank tanpa harus membawa kertas berisi angka tertentu. Hanya dengan menggunakan gadget, Anda kini sudah bisa mencairkan uang dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Payment System Indonesia

Tidak berbeda jauh dengan teknologi yang lain, sistem pembayaran elektronik ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini beberapa kelebihan bagi para pengguna dengan adanya payment system.

  1. Ketika Anda hendak melakukan transaksi dalam segala bentuk pembayaran, hal ini akan lebih mudah dilakukan tanpa harus antri terlebih dahulu. Dengan begitu, semua transaksi bisa Anda lakukan dalam waktu sekejap sehingga dapat menghemat waktu.
  2. Payment system menyediakan berbagai jenis e-payment yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dalam melakukan transaksi dan pembayaran.
  3. Dengan menggunakan fasilitas payment system, Anda akan terhindar dari tindakan kriminal yang banyak terjadi saat melakukan pembayaran tunai. E-payment tidak lagi membuat Anda harus membawa uang tunai kemana-mana untuk transaksi. Setiap pengguna e-payment hanya perlu memasukkan kode rahasia terlebih dahulu, setelah itu bisa melakukan transaksi dengan nyaman.

Selain kelebihannya, payment system juga memiliki kekurangan tersendiri yang harus Anda ketahui diantaranya :

  1. Khususnya bagi masyarakat di Indonesia, infrastruktur bidang telekomunikasi di negaranya belum maksimal. Selain itu, harga untuk bisa terhubung dengan koneksi internet dinilai cukup mahal, sehingga hal ini menjadi kekurangan e-payment.
  2. Masih banyak masyarakat yang belum merasakan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi dan pembayaran menggunakan sistem e-payment. Hal ini terjadi karena sosialisasi penggunaan kartu payment elektronik belum menyebar secara rata.
  3. Dengan sistem transaksi dan payment yang langsung terhubung ke internet, hal tersebut ternyata tidak menghentikan tindakan kejahatan terjadi. Tidak sedikit para penjahat cyber yang berkeliaran dengan tujuan membobol uang elektronik Anda.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dengan adanya payment system Indonesia yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Mengingat pentingnya sistem payment berbasis server yang semakin memberikan kemudahan ketika transaksi atau melakukan pembayaran, yang paling terpenting untuk Anda ingat adalah tetaplah bijak dalam mengambil keputusan saat transaksi.

Wajib Diketahui! Berbagai Macam Fasilitas Transaksi E-Payment Indonesia

Semakin canggihnya teknologi yang berkembang di era sekarang ternyata tidak hanya berdampak pada bidang komunikasi saja, melainkan sudah memberikan dampak positif bagi perekonomian negara. Salah satu contohnya yaitu dengan kehadiran e-payment Indonesia yang telah terbukti membawa kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi, payment, transfer dan yang lainnya. E-payment merupakan salah satu metode sistem pembayaran atau pengiriman uang via fasilitas jaringan internet.

Jika dibandingkan dengan zaman dulu, transaksi di era digital seperti sekarang memang sangat mudah dilakukan. Untuk melakukan transaksi saat ini menggunakan e-payment, Anda tidak perlu lagi bertatap muka secara langsung dan membawa sejumlah uang yang akan digunakan untuk pembayaran dimana hal ini dinilai tidak efektif dan efisien. Dengan kemudahan tersebut, maka e-payment digunakan sebagai sarana untuk proses payment.

5 Macam Fasilitas Transaksi E-Payment Indonesia

Sampai saat ini, sudah ada berbagai macam fasilitas transaksi e-payment yang telah populer dan banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia diantaranya :

  • Payment card

Payment card merupakan kartu elektronik yang digunakan sebagai sarana transaksi atau payment. Salah satu contoh penggunaan payment card yaitu ketika Anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit yang digesekkan ke mesin EDC.

Dengan menggunakan payment card, Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak untuk melakukan pembayaran. Hanya membawa kartu yang mempunyai saldo mencukupi, Anda sudah bisa bertransaksi dengan mudah dan lebih praktis.

Keunggulan yang bisa Anda peroleh selama menggunakan payment card yaitu banyaknya promo bonus menarik yang ditawarkan oleh pihak bank sebagai penerbit kartu kredit. Sementara kelemahannya, saldo yang ada di dalam kartu kredit tersebut adalah milik bank yang dipinjamkan kepada pengguna.

Selain kartu debit, payment card tersedia dalam bentuk kartu kredit yaitu sebuah tabungan di dalamnya berisi sejumlah uang milik Anda sendiri. Dengan menggunakan kartu kredit ini Anda tidak akan terkena hutang seperti sistem payment dengan kartu debit. Namun sayangnya, dengan kartu kredit Anda tidak akan diberikan penawaran bonus.

  • E-wallet

E-wallet merupakan dompet elektronik yang termasuk bentuk e-money atau uang elektronik berbasis server sebagai alternatif untuk melakukan pembayaran non cash. Hadirnya e-wallet akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai transaksi via media elektronik seperti gadget, samrtphone, atau laptop.

  • Smart Card

Selain e-wallet, e-money tersedia dalam bentuk lain yaitu smart card. Sistem payment menggunakan smart card ini hampir sama dengan kartu ATM dimana transaksinya menggunakan uang yang akan didebet melalui mesin khusus.

  • E-cash

E-cash merupakan uang elektronik yang dikhususkan untuk transaksi jual beli online. Selain itu, e-cash juga bisa digunakan untuk melakukan pengiriman uang dengan tujuan yang disesuaikan dengan pengguna. Keunggulan menggunakan e-cash yaitu nomor rekening yang tercantum merupakan nomor handphone yang digunakan sehingga bisa meminimalisir orang lupa dengan digit nomor rekening yang dimilikinya.

  • E-check

Dalam bidang perbankan, e-check merupakan inovasi terbaru yang dibuat dalam bentuk digital. E-check ini berfungsi untuk alat pembayaran dan pencairan uang secara tunai via bank yang besar sesuai dengan angka yang tercantum.

Keuntungan menggunakan fasilitas e-payment Indonesia yang satu ini, Anda bisa mencairkan uang kapan saja dan dimana saja dengan mudah tanpa harus menggunakan kertas. Dengan begitu, prosesnya bisa berlangsung lebih cepat dan efektif.

Perkembangan Digital Payment Indonesia Dari Waktu Ke Waktu

Dari waktu ke waktu, industri digital di berbagai negara semakin memperlihatkan perkembangannya termasuk di Indonesia. Hal ini cukup berdampak besar pada perkembangan digital payment Indonesia yang semakin beragam. Berbagai digital payment yang banyak digunakan saat ini diantaranya uang elektronik atau e-money, digital wallet atau e-wallet seperti T-Cash dan XL Tunai, dan masih banyak jenis yang lainnya.

Seiring dengan perkembangan transaksi tersebut, saat ini masyarakat di Indonesia terutama yang tinggal di daerah perkotaan sudah mulai menggunakan metode transaksi non tunai. Riset menunjukan pada tahun 2017 sebanyak 55,80 % mempunyai uang elektronik atau e-money selama setahun kurang. Selain itu, kurang lebih sebanyak 42,43 % responden menyatakan bahwa uang elektronik cukup membantu dalam hal mengendalikan pengeluaran.

Digital Payment Indonesia Dalam 3 Era Perkembangannya

Dengan adanya digital payment, masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan proses pembayaran. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia berbagai variasi pembayaran yang semakin berkembang dari masa ke masa. Dan berikut ini transformasi digital payment di Indonesia yang penting untuk Anda ketahui.

  • Penerbitan payment cards

Perkembangan digital payment di Indonesia diawali dengan penerbitan payment cards. Payment cards ini berbentuk seperti kartu kredit untuk digunakan sebagai alat pembayaran. Kartu pembayaran ini sudah populer sejak tahun 1980-an dan dihadirkan untuk menggantikan pembayaran tunai.

Bagi orang yang sering bepergian ke luar negeri, kartu kredit dan kartu debit menjadi salah satu media pembayaran paling praktis. Seiring dengan banyaknya masyarakat yang tertarik menggunakan kartu kredit ini, banyak juga perbankan yang menawarkan beragam fitur dan diskon khusus untuk para penggunanya.

Tercatat sepanjang tahun 2016, Bank Indonesia mengatakan sudah terjadi transaksi Rp. 5.623,91 triliun menggunakan jenis kartu debit atau ATM. Sementara untuk transaksi yang menggunakan kartu kredit di tahun 2016 mencapai Rp. 281 triliun. Terakhir, untuk proses transaksi menggunakan e-monet tercatat sebanyak Rp. 7,06 triliun.

  • Digital payment masa kini

Setelah kehadiran payment cards, digital payment di Indonesia mengalami perubahan dengan hadirnya m-banking atau e-banking. Dimulai pada tahun 2001, BCA (Bank Central Asia) mengoperasikan e-banking secara masif via situs Klik BCA.

Kehadiran m-banking dan e-banking semakin diminati masyarakat di Indonesia terutama bagi mereka yang gemar berbelanja online di platform e-commerce. Sebagai contoh, Bank BNI (Bank Nasional Indonesia) mencatat pertumbuhan transaksi internet banking yang melonjak mencapai 50% dan mobile banking yang tumbuh 40%.

Payment cards mulai berevolusi menjadi e-money atau uang elektronik. Menurut Peraturan Bank Indonesia tentang uang elektronik, e-money merupakan nilai uang yang disimpan secara elektronik dalam media seperti server atau chip.

E-money berbasis chip biasanya tersedia dalam bentuk kartu yang langsung dikeluarkan oleh perbankan, seperti E-Money Mandiri, TapCash BNI, Flazz BCA, Brizzi BRI, dan yang lainnya. Sementara untuk e-money berbasis server yang lebih dikenal dengan e-wallet contohnya Tcash Telkomsel, Go-Pay Go-Jek, dan lain-lain.

  • Digital payment di masa depan

Di negara lain, istilah cryptocurrency dan mata uang digital tentunya bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan cryptocurrency yang merupakan bentuk digital payment ini sudah berkembang dengan pesat, hanya saja di Indonesia metode payment yang satu ini belum terkenal dan sepopuler payment cards. Meskipun demikian, cryptocurrency diyakini akan menjadi bentuk digital payment Indonesia masa depan.

Cara Mudah Bayar Dan Cek Tagihan Speedy Secara Online

Telkom merupakan salah satu layanan internet terbesar di Indonesia dan sudah banyak digunakan oleh sebagian masyarakat saat ini. Menjelang tanggal tagihan tiba, pada umumnya loket pembayaran sudah penuh dengan orang-orang yang antri entah itu ingin melakukan cek tagihan speedy atau hendak melakukan pembayaran. Antrian panjang di loket pembayaran sudah menjadi hal biasa setiap bulannya apalagi dari waktu ke waktu pelanggan layanan internet speedy semakin bertambah.  

Di era modern seperti sekarang sebenarnya antri membayar tagihan speedy sudah bukan zamannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi sudah banyak membawa perubahan, termasuk Anda sudah dapat melakukan pembayaran tagihan secara online menggunakan website ataupun aplikasi yang terpasang di smartphone. Selain itu, cara paling mudahnya bisa Anda lakukan hanya menggunakan fitur SMS.

Bagaimana Cara Mudah Bayar Dan Cek Tagihan Speedy?

Bagaimana Cara Mudah Bayar Dan Cek Tagihan Speedy

Nah bagi Anda yang termasuk salah satu pengguna layanan internet IndiHome atau speedy, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek tagihan speedy dengan mudah secara online.

  • Cek tagihan speedy melalui SMS

Untuk melihat tagihan speedy layanan internet Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui SMS dengan format : EBS (spasi) email (spasi) nomor telepon rumah atau indiHome kirim ke (021)-70757147. Setelah SMS tersebut dikirim, Anda akan mendapatkan balasan SMS berupa detail tagihan bulanan yang harus dibayar.

  • Cek tagihan speedy melalui telepon

Selain melakukan cek tagihan melalui SMS, Anda juga bisa lakukan cek tagihan yang harus dibayar via telepon. Caranya cukup mudah yaitu dengan melakukan panggilan ke nomor 021-147. Selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan. Setelah selesai mengikuti instruksi tersebut, info tagihan bulan ini sudah bisa Anda lihat.

  • Cek tagihan melalui website Telkom

Cara melakukan cek tagihan indiHome atau speedy selanjutnya yaitu dengan cara mengakses website Telkom. Langkah-langkahnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti prosedur berikut.

  • Kunjungi website resmi Telkom my.telkom.co.id.
  • Apabila Anda sudah terdaftar dan memilik akun sendiri, lakukanlah login langsung. Jika belum silahkan untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu.
  • Setelah mengklik menu registrasi, Anda akan diarahkan ke halaman berupa form registrasi.
  • Lengkapi form pendaftaran tersebut menggunakan data yang benar. Form yang harus diisi ini terdiri dari username, email, nama lengkap, dan nomor GSM.
  • Klik submit jika Anda sudah selesai melengkapi form pendaftaran tersebut.
  • Tunggu dalam beberapa waktu, nantinya pihak Telkom akan melakukan konfirmasi yang dikirim ke email.
  • Buka email yang masuk kemudian klik link yang ditautkan pada email.
  • Masukkan username dan password yang sudah dimiliki untuk melakukan login.
  • Setelah berhasil melakukan login, klik tambah produk.
  • Selanjutnya masukkan nomor indiHome, kemudian klik submit. Secara otomatis nanti akan muncul detail tagihan bulanan indiHome yang harus Anda bayar.

Meskipun terlihat rumit, cara ini ternyata cukup mudah dilakukan apalagi ketika Anda sudah memiliki akun dan sudah beberapa kali login. Dengan begitu proses pengecekan tagihannya akan lebih mudah dilakukan.

  • Cek tagihan melalui aplikasi My IndiHome

Cara cek tagihan speedy selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi resmi dari indiHome. Nama aplikasinya My IndiHome yang bisa Anda download dan install langsung di smartphone dengan cara :

  • Buka playstore atau appstore untuk menemukan aplikasi MyIndiHome.
  • Buka aplikasi tersebut kemudian lakukan login dengan memasukkan username dan password yang sudah dimiliki.
  • Setelah berhasil masuk, pilihlah menu tagihan.
  • Secara otomatis nantinya Anda akan ditunjukkan detail tagihan indiHome yang harus dibayar pada bulan tersebut.

Inilah Cara Belanja Online Tanpa Kartu Kredit Yang Bisa Digunakan

Pasar online di Indonesia dari waktu ke waktu semakin tumbuh dan berkembang dengan pesat. Berbagai metode pembayaran pun mulai bermunculan seiring dengan banyaknya konsumen atau masyarakat yang kini lebih tertarik berbelanja secara online. Meskipun belanja online lebih digemari dimana alat payment yang digunakan kebanyakan adalah rekening bank dan kartu kredit, ternyata masih banyak konsumen yang belum memiliki keduanya sehingga cara belanja online tanpa kartu kredit lah yang lebih banyak dipilih.

Aktivitas jual beli dalam sektor e-commerce tentunya tidak luput dari peran berbagai metode payment yang berlaku untuk memudahkan konsumen saat melakukan transaksi dan pembayaran. Sebagai konsumen atau customer online shop, Anda harus memahami dengan baik bagaimana cara yang bisa dilakukan ketika pembayaran secara online dengan metode-metode payment yang berlaku saat ini. Dengan begitu, transaksi yang Anda lakukan bisa lebih aman dan juga lancar.

Cara Belanja Online Tanpa Kartu Kredit Lebih Mudah Dan Praktis

Khususnya di Indonesia, Anda sebagai customer atau penggemar online shop saat ini bisa menggunakan berbagai metode payment tanpa harus menggunakan kartu kredit atau rekening bank. Beberapa cara mudah belanja online tanpa kartu kredit yaitu :

  • Pembayaran COD (Cash On Delivery)

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah pembayaran para konsumen yang belum memiliki kartu kredit dan rekening bank yaitu dengan melakukan COD atau Cash On Delivery. COD merupakan layanan payment menggunakan uang tunai pada saat pesanan barang dari toko online sampai dan diterima oleh pembeli. Berikut ini cara mudah melakukan COD.

  1. Silahkan buat terlebih dahulu rincian pesanan Anda di aplikasi online shop.
  2. Pada opsi pembayaran, pilih menu COD atau bayar di tempat.
  3. Setelah itu lanjutkan pemesanan sampai prosesnya selesai.
  4. Ketika proses pengemasan barang yang dibeli sudah selesai, tunggu sampai batas hari yang telah ditentukan barang Anda akan sampai di alamat yang sebelumnya sudah dicantumkan.
  5. Saat kurir pengantar pesanan datang, berikan uang sesuai nominal harga dan ongkos kirim.
  • Pembayaran melalui retail outlet

Selain COD, Anda masih bisa berbelanja secara online tanpa kartu kredit dengan melakukan payment via retail outlet seperti Indomaret atau Alfamart. Cara pembayarannya cukup mudah dilakukan apalagi saat ini sudah banyak bisnis online yang menerima pembayaran melalui retail outlet.

Pertama-tama Anda harus mempersiapkan kartu identitas dan sejumlah uang yang nantinya digunakan untuk membayar barang yang telah dibeli di toko online. Selanjutnya kunjungi gerai Alfamart atau Indomaret terdekat, kemudian beritahukan kepada kasir bahwa Anda akan melakukan payment ke salah satu toko online. Setelah itu Anda hanya perlu menunggu sampai kasir selesai memproses pembayaran.

Bagi pemilik bisnis online yang tertarik mengembangkan bisnisnya dengan cara menyediakan berbagai metode payment via retail outlet, Anda bisa mempercayakan layanan payment gateway Prismalink. Payment gateway ini termasuk yang terbaik dalam hal memberikan kepuasan kepada konsumen atau pengguna dalam melakukan transaksi dan pembayaran.

  • Online shop yang bisa kredit

Cara belanja online tanpa kartu kredit dapat Anda lakukan dengan mencari online shop yang bisa kredit. Untuk memenuhi kemudahan para pelanggan saat ini tidak sedikit toko online yang memberikan penawaran cicilan atau sistem kredit ketika Anda ingin melakukan pembayaran atas barang yang diinginkan.

Virtual Account Adalah Rekening Yang Tidak Nyata, Ketahui Penjelasan Lengkapnya

Sesuai dengan namanya, virtual account adalah rekening buatan yang tidak nyata. Pada umumnya virtual account berisi nomor ID pelanggan yang langsung dibuat oleh Bank. Pihak Bank biasanya akan diminta untuk membuat akun yang bisa digunakan untuk mempermudah proses transaksi. Dalam setiap transaksi yang dilakukan, pelanggan akan memperoleh satu akun ID atau lebih dikenal dengan istilah nomor virtual account. Masing-masing pelanggan akan mendapatkan virtual account yang unik dan berbeda, biasanya hal ini akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika dibandingkan dengan transfer uang secara manual, transaksi menggunakan virtual account dinilai lebih praktis dan mudah. Diantara kedua sistem transaksi tersebut memiliki beberapa perbedaan salah satu pelanggan harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu setelah payment dilakukan dengan cara mengirimkan bukti transfer berupa struk. Sedangkan transaksi via virtual account, pelanggan tidak perlu repot-repot melakukan konfirmasi pembayaran. Untuk melakukan payment menggunakan virtual account, Anda hanya perlu membayar sesuai dengan nominal yang harus dibayarkan.

Virtual Account Adalah Pembayaran Yang Melalui Bank Apa Saja?

Bagi Anda yang tertarik melakukan transaksi lebih mudah dan praktis, virtual account adalah pilihan yang sangat tepat. Nah, di Indonesia sendiri terdapat beberapa pembayaran yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan virtual account melalui beberapa bank seperti :

  • Bank BCA

Untuk Bank BCA, Anda para pengguna bisa melakukan payment dengan cara transfer ATM, transfer KlikBCA, dan transfer BCA. Namun untuk virtual account BCA ini hanya bisa dibayar menggunakan rekening BCA nya saja.

  • Bank Mandiri

Dengan Bank Mandiri, Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan virtual account Bank Mandiri melalui transfer ATM, transfer iBanking, dan transfer melalui mBanking.

  • Bank BRI

Untuk Bank BRI, para nasabah saat ini bisa melakukan pembayaran melalui transfer ATM, transfer iBanking, dan transfer mBanking.

  • Bank BNI

Untuk mempermudah transaksi dan pembayaran pelanggannya, bank BNI menyediakan layanan virtual account. Melalui virtual account Bank BNI ini Anda bisa melakukan pembayaran melalui transfer ATM, transfer iBanking, transfer mBanking, dan transfer SMS banking.

  • Permata Bank

Bagi nasabah Permata Bank, saat ini Anda bisa melakukan pembayaran tagihan menggunakan virtual account. Dengan virtual account Permata Bank Anda dapat membayar transaksi melalui transger ATM Permata, transfer Internet Banking, dan transfer Mobile Banking.

  • Maybank

Maybank menyediakan virtual account yang bisa digunakan Anda untuk melakukan transaksi melalui transfer ATM BII Maybank, transfer Internet Banking dan transfer Mobile Banking.

Bagaimana Mekanisme Kerja Virtual Account?

Sebagai salah satu metode pembayaran yang saat ini mulai banyak digunakan masyarakat khususnya para nasabah bank-bank besar di Indonesia, virtual account adalah metode payment yang memiliki cara kerja cepat dengan teknologi canggih. Dan berikut ini mekanisme kerja virtual account.

  1. Merchant akan memberitahukan kepada pembeli untuk melakukan pembayaran atau payment ke nomor invoice atau nomor virtual account yang spesifik.
  2. Selanjutnya setiap nomor virtual account ini akan dihubungkan ke pembeli maupun ke dalam invoice.
  3. Ketika pembayaran sudah diterima dan transaksi selesai dilakukan, secara otomatis akan ada notifikasi balik yang dikirim ke merchant.
  4. Selanjutnya merchant bisa langsung mengidentifikasi pembeli dari invoice dimana proses payment tersebut terjadi.

Penting untuk diketahui bagi Anda yang ingin mencoba metode transaksi menggunakan virtual account bahwa virtual account adalah sistem payment yang memiliki tanggal kadaluarsa. Artinya setelah melewati tanggal kadaluarsa tersebut pembeli tidak bisa lagi melakukan pembayaran menggunakan akun virtual account tersebut.

Mengenal Lebih Jauh Harga E Money Dan Jenis-Jenisnya

Dalam melakukan transaksi keuangan saat ini sudah banyak pilihan yang tersedia, apalagi kemajuan teknologi yang semakin pesat mendukung transaksi keuangan lebih mudah dilakukan. E-money atau dikenal dengan elektronik money mungkin bukan lagi hal yang asing di kalangan masyarakat era modern seperti sekarang ini. Elektronik money merupakan nilai mata uang yang disimpan secara elektronik dalam suatu media berbentuk server atau chip. Harga e-money yang tersedia beragam tergantung dari jenis e-money yang Anda gunakan.

Kehadiran e-money tidak hanya menggantikan uang tunai dalam bentuk koin dan uang kertas dengan uang elektronik saja, namun menjadi sebuah sistem yang mampu memungkinkan proses pembayaran dilakukan dengan mengirimkan nomor dari satu komputer ke komputer yang lain. Adapun tujuan e-money ini untuk menekan tingkat pertumbuhan penggunaan uang tunai di kalangan masyarakat.

Jenis-Jenis Harga E Money Yang Ada Di Indonesia

Di Indonesia ada berbagai macam jenis e money dengan harga yang bervariasi. Berdasarkan penerbitnya e-money terbagi menjadi beberapa bagian yaitu e-money dengan penerbit perbankan, operator seluler, maupun lembaga yang lainnya dan bukan termasuk perbankan ataupun operator seluler. Dan berikut ini beberapa jenis-jenis e-money yang ada di Indonesia.

  • Mandiri Indomaret Card, GazCard, E-Toll, dan E-Cash

Sesuai dengan namanya dari masing-masing jenis e-money ini memiliki kelebihan tersendiri. Untuk Indomaret Card keuntungannya bisa digunakan ketika Anda berbelanja di Indomaret. GazCard bisa Anda gunakan ketika membeli bahan bakar minyak di Pertamina. Sementara untuk e-toll digunakan untuk mengakses jalan tol. Yang terakhir, e-cash digunakan untuk berbelanja online maupun offline di berbagai merchant rekanan Mandiri e-cash.

  • BCA Flazz Card, Sakuku

Selain Bank Mandiri, Bank BCA juga mengeluarkan produk e-money yang dikenal dengan nama BCA Flazz Card dan Sakuku. Dalam urusan uang elektronik, Bank BCA menjadi bank terdepan yang sudah berdiri sejak 2014 silam. BCA Flazz Card saat ini sudah bisa digunakan di berbagai puluhan ribu gerai rekanan Bank BCA yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara Sakuku merupakan sebuah aplikasi produk e-money yang bisa diinstall dengan mudah di smartphone. Untuk melakukan transaksi dan pembayaran menggunakan aplikasi Sakuku ini Anda hanya perlu scan QR code ketika akan membayar di kasir.

  • BNI TapCash

Tidak mau kalah dengan bank-bank lain, Bank BNI mengeluarkan produk e-money yang dikenal dengan nama BNI TapCash. Pada dasarnya bentuk BNI TapCash ini hampir sama dengan BCA Flazz Card. Yang membedakannya BNI TapCash ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi dan pembayaran di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, pembayaran tiket, sampai pembayaran e-parking.

  • T-Cash Tap

Dalam menyediakan layanan kemudahan melakukan transaksi kepada masyarakat, operator seluler tidak ingin kalah inovatif menerbitkan e-money. Salah satunya yaitu Telkomsel yang merupakan operator seluler terbesar di Indonesia mengeluarkan produk e-money yang diberi nama T-Cash Tap. Bagi semua pengguna Telkomsel, Anda sudah bisa menggunakan layanan T-Cash Tap ini yang support teknologi NFC.

Sekalipun smartphone yang Anda gunakan mungkin belum mendukung teknologi NFC, Anda masih bisa menggunakan stiker NFC yang ditempel di smartphone. E-money jenis ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi di beberapa minimarket dan tempat hiburan.

  • Dompetku

Dompetku merupakan jenis e-money yang diterbitkan oleh operator seluler Indosat Ooredoo. E-money jenis ini bisa Anda gunakan untuk melakukan setor tarik tunai, pembelian, payment, sampai proses transfer. Untuk harga e-money itu sendiri tergantung dari pihak yang menerbitkannya.

Trend Berita Finansial, Finansial Technology, Keuangan dan perbankan terbaru