Metode Pembayaran Billing PDAM Yang Mudah Dilakukan

Meskipun menjadi kebutuhan pokok masyarakat, ketersediaan air bersih menjadi tanggung jawab pemerintah. Khusus di Indonesia saat ini pemerintah menunjuk PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sebagai badan yang bertanggung jawab untuk pemerataan pasokan air bersih ke berbagai wilayah di nusantara. Agar masyarakat bisa menggunakan layanan air bersih yang langsung dari PDAM, mereka harus melakukan pembayaran billing PDAM setiap bulannya.

Besaran tagihan bulanan PDAM nilainya nanti akan disesuaikan dengan jumlah penggunaan air. Seiring bertambahnya waktu bersamaan dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, kini Anda tidak perlu melakukan payment tagihan PDAM melalui loket pembayaran di kantor PDAM melainkan sudah bisa melakukannya dengan mudah secara online dan metode payment lainnya.

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Billing PDAM

Atas kerjasama PDAM dengan banyak layanan menggunakan teknologi canggih, di era sekarang ini sistem pembayaran tagihan air bersih sudah bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini beberapa metode pembayaran yang bisa digunakan untuk membayar tagihan bulanan PDAM.

  • Payment via ATM dan Bank

Untuk memudahkan para konsumen, PDAM sudah menunjuk berbagai bank-bank besar di Indonesia sebagai jaringan pembayaran resminya. Metode payment yang satu ini tersedia dalam dua cara yaitu melalui teller bank secara tunai dan via mesin ATM.

Ketika Anda hendak melakukan payment tagihan PDAM melalui mesin ATM, caranya cukup mudah dengan mengklik atau memilih menu “Pembayaran” ® “Air/PDAM”. Setelah itu masukkan kode perusahaan air dan nomor pelanggan agar Anda bisa melihat jumlah tagihan yang harus dibayar. Jika semuanya sudah benar, lanjutkan proses payment sampai Anda memperoleh tanda bukti pembayaran.

  • Payment via Minimarket

Tidak hanya menjalin kerjasama dengan berbagai bank di Indonesia, PDAM juga bekerja sama dengan minimarket yang telah tersebar di seluruh nusantara. Minimarket ini sudah menjadi jaringan resmi sebagai tempat pembayaran tagihan PDAM.

Untuk melakukan pembayaran melalui minimarket, Anda hanya perlu datang ke minimarket terdekat kemudian meminta bantuan kasir atau pada mesin mandiri yang telah disediakan. Metode payment yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang senang berbelanja ke minimarket, dimana Anda bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM sekalian belanja.

  • Payment via Kantor Pos

Selain kedua metode payment yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM melalui kantor pos. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mendatangi kantor pos terdekat setelah itu melakukan payment di loket khusus yang sudah disediakan. Jenis payment yang satu ini dilakukan menggunakan uang tunai, jadi pastikan sebelum datang ke kantor pos Anda sudah mempersiapkan uangnya.

  • Mobil service PDAM keliling

Untuk memudahkan para pelanggan dalam melakukan payment tagihan PDAM, saat ini PDAM sudah menyediakan mobil pelayanan keliling resmi dengan sistem jemput bola yang langsung datang mendekati customer. Jadwal operasi mobil ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, jadi tidak bisa melayani pelanggan setiap waktu. Mobil layanan keliling PDAM ini biasanya beroperasi di pusat keramaian seperti alun-alun kota, kantor kelurahan, terminal, mesjid, pusat perbelanjaan, kantor RW, taman kota, dan yang lainnya.  

  • Payment secara online

Bagi pengguna saat ini, pembayaran billing PDAM secara online merupakan metode payment yang paling mudah dilakukan. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu membuka situs penyedia layanan pembayaran PDAM melalui smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *