Mengenal Lebih Jauh Harga E Money Dan Jenis-Jenisnya

Dalam melakukan transaksi keuangan saat ini sudah banyak pilihan yang tersedia, apalagi kemajuan teknologi yang semakin pesat mendukung transaksi keuangan lebih mudah dilakukan. E-money atau dikenal dengan elektronik money mungkin bukan lagi hal yang asing di kalangan masyarakat era modern seperti sekarang ini. Elektronik money merupakan nilai mata uang yang disimpan secara elektronik dalam suatu media berbentuk server atau chip. Harga e-money yang tersedia beragam tergantung dari jenis e-money yang Anda gunakan.

Kehadiran e-money tidak hanya menggantikan uang tunai dalam bentuk koin dan uang kertas dengan uang elektronik saja, namun menjadi sebuah sistem yang mampu memungkinkan proses pembayaran dilakukan dengan mengirimkan nomor dari satu komputer ke komputer yang lain. Adapun tujuan e-money ini untuk menekan tingkat pertumbuhan penggunaan uang tunai di kalangan masyarakat.

Jenis-Jenis Harga E Money Yang Ada Di Indonesia

Di Indonesia ada berbagai macam jenis e money dengan harga yang bervariasi. Berdasarkan penerbitnya e-money terbagi menjadi beberapa bagian yaitu e-money dengan penerbit perbankan, operator seluler, maupun lembaga yang lainnya dan bukan termasuk perbankan ataupun operator seluler. Dan berikut ini beberapa jenis-jenis e-money yang ada di Indonesia.

  • Mandiri Indomaret Card, GazCard, E-Toll, dan E-Cash

Sesuai dengan namanya dari masing-masing jenis e-money ini memiliki kelebihan tersendiri. Untuk Indomaret Card keuntungannya bisa digunakan ketika Anda berbelanja di Indomaret. GazCard bisa Anda gunakan ketika membeli bahan bakar minyak di Pertamina. Sementara untuk e-toll digunakan untuk mengakses jalan tol. Yang terakhir, e-cash digunakan untuk berbelanja online maupun offline di berbagai merchant rekanan Mandiri e-cash.

  • BCA Flazz Card, Sakuku

Selain Bank Mandiri, Bank BCA juga mengeluarkan produk e-money yang dikenal dengan nama BCA Flazz Card dan Sakuku. Dalam urusan uang elektronik, Bank BCA menjadi bank terdepan yang sudah berdiri sejak 2014 silam. BCA Flazz Card saat ini sudah bisa digunakan di berbagai puluhan ribu gerai rekanan Bank BCA yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara Sakuku merupakan sebuah aplikasi produk e-money yang bisa diinstall dengan mudah di smartphone. Untuk melakukan transaksi dan pembayaran menggunakan aplikasi Sakuku ini Anda hanya perlu scan QR code ketika akan membayar di kasir.

  • BNI TapCash

Tidak mau kalah dengan bank-bank lain, Bank BNI mengeluarkan produk e-money yang dikenal dengan nama BNI TapCash. Pada dasarnya bentuk BNI TapCash ini hampir sama dengan BCA Flazz Card. Yang membedakannya BNI TapCash ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi dan pembayaran di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, pembayaran tiket, sampai pembayaran e-parking.

  • T-Cash Tap

Dalam menyediakan layanan kemudahan melakukan transaksi kepada masyarakat, operator seluler tidak ingin kalah inovatif menerbitkan e-money. Salah satunya yaitu Telkomsel yang merupakan operator seluler terbesar di Indonesia mengeluarkan produk e-money yang diberi nama T-Cash Tap. Bagi semua pengguna Telkomsel, Anda sudah bisa menggunakan layanan T-Cash Tap ini yang support teknologi NFC.

Sekalipun smartphone yang Anda gunakan mungkin belum mendukung teknologi NFC, Anda masih bisa menggunakan stiker NFC yang ditempel di smartphone. E-money jenis ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi di beberapa minimarket dan tempat hiburan.

  • Dompetku

Dompetku merupakan jenis e-money yang diterbitkan oleh operator seluler Indosat Ooredoo. E-money jenis ini bisa Anda gunakan untuk melakukan setor tarik tunai, pembelian, payment, sampai proses transfer. Untuk harga e-money itu sendiri tergantung dari pihak yang menerbitkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *