Kelebihan Dan Kekurangan Payment System Indonesia

Payment system Indonesia tentunya bukanlah hal yang asing lagi terdengar di telinga kita. Apalagi saat ini hampir semua proses pembayaran sudah dilakukan secara online menggunakan uang elektronik yang lebih dikenal dengan istilah e-payment. Kehadiran payment system banyak sekali membawa kemudahan bagi para penggunanya dalam melakukan transaksi, karenanya tidaklah heran jika sistem pembayaran secara online lebih banyak diminati jika dibandingkan dengan payment sistem tunai.

Transaksi yang dilakukan di era modern seperti sekarang tidak mengharuskan Anda melakukan tatap muka secara langsung, hanya dengan media di genggaman kini Anda sudah bisa melakukan transaksi dengan mudah.

Jenis-Jenis Payment System Indonesia

Berkembangnya teknologi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu tidak hanya berdampak pada kemajuan telekomunikasi saja, melainkan pada metode payment atau transaksi yang sudah berbasis server atau elektronik payment. Saat ini, di Indonesia sudah tersedia beragam jenis payment system yang bisa digunakan untuk melakukan payment atau pembayaran diantaranya :

  • Payment card
  • E-cash
  • E-wallet
  • Smart card

Selain keempat metode payment tersebut, ada satu lagi yang mungkin belum populer di Indonesia yaitu e-check. E-check merupakan bentuk cek elektronik yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran dan pencairan uang tunai melalui bank tanpa harus membawa kertas berisi angka tertentu. Hanya dengan menggunakan gadget, Anda kini sudah bisa mencairkan uang dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Payment System Indonesia

Tidak berbeda jauh dengan teknologi yang lain, sistem pembayaran elektronik ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini beberapa kelebihan bagi para pengguna dengan adanya payment system.

  1. Ketika Anda hendak melakukan transaksi dalam segala bentuk pembayaran, hal ini akan lebih mudah dilakukan tanpa harus antri terlebih dahulu. Dengan begitu, semua transaksi bisa Anda lakukan dalam waktu sekejap sehingga dapat menghemat waktu.
  2. Payment system menyediakan berbagai jenis e-payment yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dalam melakukan transaksi dan pembayaran.
  3. Dengan menggunakan fasilitas payment system, Anda akan terhindar dari tindakan kriminal yang banyak terjadi saat melakukan pembayaran tunai. E-payment tidak lagi membuat Anda harus membawa uang tunai kemana-mana untuk transaksi. Setiap pengguna e-payment hanya perlu memasukkan kode rahasia terlebih dahulu, setelah itu bisa melakukan transaksi dengan nyaman.

Selain kelebihannya, payment system juga memiliki kekurangan tersendiri yang harus Anda ketahui diantaranya :

  1. Khususnya bagi masyarakat di Indonesia, infrastruktur bidang telekomunikasi di negaranya belum maksimal. Selain itu, harga untuk bisa terhubung dengan koneksi internet dinilai cukup mahal, sehingga hal ini menjadi kekurangan e-payment.
  2. Masih banyak masyarakat yang belum merasakan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi dan pembayaran menggunakan sistem e-payment. Hal ini terjadi karena sosialisasi penggunaan kartu payment elektronik belum menyebar secara rata.
  3. Dengan sistem transaksi dan payment yang langsung terhubung ke internet, hal tersebut ternyata tidak menghentikan tindakan kejahatan terjadi. Tidak sedikit para penjahat cyber yang berkeliaran dengan tujuan membobol uang elektronik Anda.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dengan adanya payment system Indonesia yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Mengingat pentingnya sistem payment berbasis server yang semakin memberikan kemudahan ketika transaksi atau melakukan pembayaran, yang paling terpenting untuk Anda ingat adalah tetaplah bijak dalam mengambil keputusan saat transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *